Regu pertolongan kesulitan capai daerah gempa Cina

Regu-regu pertolongan darurat berusaha mencapai kota-kota terpencil setelah gempa yang menewaskan lebih dari 200 orang dan melukai ribuan di Cina barat daya.

Operasi penyelamatan: para petugas Cina berjalan kaki menuju daerah gempa. (Credit: AFP)

Para petugas menyingkirkan gundukan-gundukan batu yang memblokir jalan yang akan dilalui tim-tim penanganan darurat untuk mencapai kota-kota terpencil yang dilanda gempa. di provinsi Sichuan.

Angka kematian akibat gempa terburuk di Cina dalam waktu tiga tahun itu lebih dari 200, dengan hampir 12,000 orang cedera.

Guncangan susulan menimbulkan tanah longsor besar di zona bencana, dan batu-batu yang berjatuhan terus memblokir jalan menuju sebagian daerah gempa.

Sebagian korban tewas di Lushan, tidak jauh dari kota Ya’an, tapi gerak maju regu penolong terhambat oleh sempitnya dalam dan tanah longsor, serta instruksi pemerintah yang membatasi akses guna menghindari kemacetan lalu-lintas.

Regu-regu penolong mengantri dan menunggu untuk mencapai kota-kota terpencil dan beberapa komunitas hanya dapat dicapai dengan helikopter.

Petugas pemadam kebakaran dengan bantuan anjing pelacak telah mengeluarkan 91 orang dalam keadaan hidup dari reruntuhan.

“Lushan mulai kembali normal, tapi masih dibutuhkan tempat penampungan dan perbekalan,” kata Kevin Xia dari Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit.

Di Ya’an, para petugas pertolongan dari seluruh Cina tidak sabar untuk mesuk ke Lushan dan desa-desa sekitar di pegunungan.

Tim dokter dan perawat menolong korban di tempat terbuka atau di tenda-tenda di kompleks rumahsakit, dikelilingi oleh pecahan kaca dan batu bata.

Aliran listrik dan air terputus setelah gempa, tapi cuaca musim semi cukup hangat.
A Chinese medical worker holds an injured child. Photo: A Chinese medical worker holds an injured child in Longmen township close to the epicentre of the earthquake that hit Sichuan province, April 21, 2013. (AFP)

Perdana Menteri Li Keqiang meninjau daerah gempa dengan helikopter untuk menghibur para korban yang cedera dan kehilangan tempat tinggal, ngobrol dengan para petugas dan berjalan diatas puing-puing.

Chen Yong, wakil direktur badan respon gempa di Ya’an, mengatakan, angka kematian tidak akan meningkat secara dramatis.

Banyak korban gempa, yang miskin, mengatakan, pemerintah adalah satu-satunya harapan mereka.

Paling sedikit 1,700 guncangan susulan telah terjadi sejak gempa pada Sabtu pagi.

Para pakar gempa Cina mencatat gempa itu berkekuatan 7 sedangkan menurut Survey Geologi Amerika, 6.6.

Lebih dari 17,000 tentara dan polisi Cina telah bergabung dalam misi penyelamatan, dan lima pesawat tak berawak dikirim untuk membuat foto-foto dari udara, kata kantor berita Xinhua, serta pesawat untuk melakukan tugas pertolongan.

 

http://www.radioaustralia.net.au

Categories: Peristiwa | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: